Friday, 1 February 2013

Pengertian hardware dan software


 
  •  Pengertian Hardware atau Perangkat Keras adalah komponen pada komputer yang dapat terlihat dan disentuh secara fisik. Jadi, rupa secara fisik dari komputer dapat kita sebut sebagai Hardware atau Perangkat Keras. Contoh dari Hardware adalah sebagai berikut: 
1.   Perangkat Input/Masukan: Merupakan Hardware yang digunakan untuk memasukkan (Input) instruksi dari pengguna komputer (User). Contohnya adalah Keyboard, Mouse, dan Joystick.
2.   Perangkat Pemrosesan: Merupakan Hardware yang terdapat pada sebuah komputer untuk memproses masukkan/input dari pengguna. Contohnya adalah Prosesor pada sebuah komputer.
3.   Perangkat Output/Keluaran: Merupakan Hardware yang digunakan untuk menghasilkan suatu proses (output) dari pengguna komputer (User). Contohnya adalah Monitor, Speaker, dan Printer.
  • Pengertian Software atau Perangkat Lunak adalah data-data yang terdapat pada sebuah komputer yang doformat kemudian disimpan secara digital. Bisa dibilang bahwa Software merupakan komponen yang tidak terlihat secara fisik, tetapi terdapat dalam sebuah komputer. Contoh dari Software adalah sebagai berikut:




                                                                                   
                                                                                                                              gambar: LibreOffice
                                                                                                                               
1. Sistem Operasi: Merupakan Software yang digunakan untuk menghubungkan antara Hardware dengan Pengguna/User.
2. Software Aplikasi: Merupakan Software yang dapat diaplikasikan untuk memenuhi kebutuhan pengguna. Contohnya adalah Software paket aplikasi perkantoran seperti Libre Office dan Microsoft Office.
            
   
Pengertian Hardware, Software, dan Brainware  
di atas tentu memiliki hubungan antara satu dengan yang lainnya. Seperti pada gambar, bahwa ketiga elemen tersebut memiliki keterkaitan untuk menciptakan sebuah komputer yang berguna. 
Hardware atau Perangkat Keras komputer apabila ada tanpa Software, maka komputer hanyalah sebuah mesin yang tidak berguna. Karena Software tercipta untuk mengisi fungsionalitas pada komputer tersebut sehingga terciptalah sebuah komputer yang memiliki fungsi untuk digunakan.
  
Apabila Hardware dan Software komputer telah tercipta, apabila tidak terdapat Brainware untuk mengoperasikannya, maka komputer tersebut hanyalah sebagai mesin yang tidak memiliki fungsi. Bisa dikatakan hanyalah sebuah Robot yang diam. Jadi, Brainware atau pengguna merupakan salah satu elemen penting untuk mengoperasikan komputer agar tercipta komputer yang memiliki fungsionalitas dan dapat menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi pengguna.
  • Kesimpulan Pengertian Hardware, Software, dan Brainware
Jadi, dapat diambil kesimpulan bahwa Pengertian Hardware, Software, dan Brainware merupakan elemen atau pondasi penting untuk membangun sebuah komputer yang memiliki fungsionalitas dan berguna bagi manusia.
  •   Teknologi Informasi dan Komunikasi (ICT)
Tehnologi Informasi dan Komunikasi
Pengertian Tehnologi informasi dan Komunikasi adalah  merupakan komputer masa modern saat ini yang mampu memasukkan, menampilkan dan menghasilkan informasi yang bermanfaat  kepada pengguna dengan cepat, akurat dan terakhir terutama karena keberadaan jaringan internet di seluruh dunia. Komputer sebelumnya tidak mampu menjadi benar-benar teknologi informasi karena tidak memiliki tehnologi akses informasi seperti sekarang ini. Manakala teknologi komunikasi juga mencakup teknologi jaringan komputer dengan media kabel dan nirkabel untuk memudahkan komunikasi terjadi sehingga ada komunikasi mudah dan cepat seluruh dunia. Maka, ICT mencakup rekayasa perangkat lunak dan sistem (elektronik), multimedia, kecerdasanbuatan, jaringan, sistem informasi manajemen dan sebagainya. yang penting dalam urusan harian waktu kini. Bidang Tehnologi Informasi dan Komunikasi mampu memberi kesempatan kerja yang berbagaikepada yang menceburinya, Anda bukan saja bisa menjadi insinyur komputer tapiseorang anggota peniagaan atau jika Anda memiliki keterampilan dalam multimedia, Anda juga bisa menjadi Desainer multimedia.Hal inilah menjadi kelebihan bidang  Tehnologi Informasi dan Komunikasi yang mampu meragamkan lagi rezeki kepada yang mereka yang menekuninya, asalkan Anda memiliki keterampilannya. Jadi, isu pengganguran tidak muncul, jika Anda memenuhi syarat dan pandai menggunakan kesempatan yang anda. Jika Anda ingin menekuni bidang ini terutama dalam bisnis. Anda di sarankan dalam rekayasa (pembuatan, elektronik dan perangkat lunak) dan multimedia, menjanjikan peluang yang cerah pada bidang Tehnologi Informasi dan Komunikasi


                                                                                                  






















*